Indahnya Geologi

Indahnya Geologi

Jumat, 04 Maret 2011

Pemboran (drilling)

Belajar ilmu geologi di teknik geologi UGM bukan melulu belajar ilmu geologi murni. Di semester-semester akhir pelajaran tentang aplikasi ilmu geologi untuk energi, sumber daya mineral dan lingkungan semakin banyak didapatkan. Pada kesempatan ini penulis akan berbagi sedikit tentang geologi yang terkait dengan sumber daya energi (minyak bumi). ----> pemboran (sumber gambar : www.drillingsupply.info/exploration-drill-rigs-pictures.html)



Kata-kata pemboran (drilling) sangat sering kita dengarkan,apalagi bagi kita-kita yang tinggal di sekitar lapangan minyak bumi, wah kayak sepakbola aja ada lapangan segala.. hehe. Beberapa pemboran yang penulis ketahui yaitu:
a. Pemboran stratigrafi
b. Pemboran Struktur
c. Pemboran untuk operasi seismik
d. Pemboran Eksplorasi
e. Pemboran Produksi
nah, dalam ilmu geologi, di antara beberapa jenis pemboran yang disebutkan di atas, pemboran eksplorasi lah yang sangat penting.

Beberapa peralatan yang digunakan dalam pemboran:
secara umum peralatan pemboran di istilahkan dengan istilah (bahasa ku ribet banget hehe)drilling rig atau rig pemboran. Secara garis besar rig pemboran ini dibagi menjadi 3, yaitu:
a. Rotaring System
b. Cyrculating System
c. Hoisting System

Penjelasan begini nih...

a. Rotaring System
berfungsi untuk memutar pipa kelly. nah apalagi arti pipa kelly itu?? pipa kelly itu adalah pipa yang berbentuk persegi enam dengan panjang sekitar 40 ft, berfungsi untuk meneruskan tenaga putaran dari rotaring table menuju pipa pemboran.

b. Cyrculating System
alat yang satu ini berfungsi membantu sistem rotari pada saat terjadi pemboran dan menjaga serta memperbarui lumpur pengeboran dalam lubang pemboran.

c. Hoisting System
berfungsi untuk menurukan dan mengangkat rangkaian pipa, karena pada waktu2 tertentu (misalnya waktu ingin mengambil iti batuan, mengganti mata bor, dsb).

sebenarnya masih banyak penjelasannya, tapi secara umum sampai disini dulu.. see u..
(sumber : kuliah GMB dulu di kampus tgl ft ugm tercinta)

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Mantap gan
ane jg mahasiswa geologi
tp blm belajar soal drilling
tambah terus artikel geologinya gan
Software Gratis

Belajar Geologi

Azim Suwardi mengatakan...

Sip Mas.. selamat berbagi dan diskusi pengetahuan