Indahnya Geologi

Indahnya Geologi

Minggu, 11 Desember 2011

Endapan Skarn (Skarn Deposit)

Cerita kali ini adalah tentang salah satu jenis endapan mineral yang sangat penting di dunia, yaitu ENDAPAN SKARN yang dalam bahasa Inggris disebut SKARN DEPOSIT. Semua cerita ini di tulis berdasarkan pengalaman kuliah "Geologi Sumber Daya Mineral" di Jurusan Teknik Geologi FT UGM.

Endapan skarn pertama kali dinyatakan sebagai batuan metamorf hasil kontak antara batuan sedimen karbonatan dengan intrusi magma oleh ahli petrologi metamorf, dengan terjadi perubahan kandungan batuan sedimen yang kaya karbonat, besi, dan magnesium menjadi kaya akan kandungan Si, Al, Fe dan Mg dimana proses yang bekerja berupa metasomatisme pada intrusi atau di dekat intrusi batuan beku (Best 1982).

Endapan skarn terbentuk sebagai efek dari kontak antara larutan hidrothermal yang kaya silika dengan batuan sedimen yang kaya kalsium. Proses pembentukannya diawali pada keadaan temperatur 400°C - 650°C dengan mineral-mineral yang terbentuk berupa mineral calc-silicate seperti diopsid, andradit, dan wollastonit sebagai mineral-mineral utama pembawa mineral bijih (Einaudi et al. 1981). Tapi terkadang dijumpai juga pembentukan endapan skarn juga terbentuk pada temperatur yang lebih rendah, seperti endapan skarn yang kaya akan kandungan Pb-Zn (Kwak 1986). Pengaruh tekanan yang bekerja selama pembentukan endapan skarn bervariasi tergantung pada kedalaman formasi batuan.

Klasifikasi Endapan Skarn
1. Berdasarkan batuan yang terubah (tergantikan)/batuan sedimen
a. Eksoskarn
Eksoskarn adalah endapan skarn yang terbentuk di sekitar intrusi batuan beku, tidak mengalami kontak langsung dengan intrusi. Ada juga yang berpendapan bahwa yang dimaksud eksoskarn jika skarn yang terbentuk itu pada batuan non-intrusinya (misalnya pada batugampinya dsb)
b. Endoskarn
Endoskarn adalah endapan skarn yang terbentuk pada kontak batuan sedimen dengan intrusi ataupun di dalam batuan beku intrusi itu sendiri sebagai xenolith. Ada juga yg berpendapat bahwa endoskarn itu jika yang terubah menjadi skarn adalah batuan intrusinya (misalnya pada dioritnya dsb)

2. Berdasarkan jenis mineralnya
a. Skarn Prograde
Mineral skarn pada tipe ini terbentuk pada suhu yang tinggi, dan terjadi pada fase awal. Beberapa jenis mineral pencirinya adalah; garnet, klinopiroksen, biotit, humit,dan montiselit.
b. Skarn Retrograde
Minineral skarn pada tipe ini terbentuk pada suhu yang rendah. Beberapa contoh mineral pencirinya adalah; serpentin, amfibol, tremolit, epidot, klorit dan kalsit.

Endapan skarn sangat penting dalam dunia pertambangan. Sebut saja contohnya beberapa pertambangan emas besar yang beroperasi di Indonesia memiliki endapan tipe ini, misalnya PT. Freeport Indonesia, selain memiliki endapan tipe porfiri, perusahaan ini juga memiliki endapan emas tipe skarn.
Bacaan ini juga bisa dibandingkan dengan bacaan di  http://azim-indonesia.blogspot.com/2012/05/cara-mengenali-batuan-alterasi-how-to.html

4 komentar:

Bobby_yr mengatakan...

ngebantu bgt mas buat hafalan uas genesa bahan galian saya nih , makasih banyak ya , semoga amal dari pengetahuan nya bisa menjadi pahala untuk mas di akherat nanti .

Azim Suwardi mengatakan...

amin amin...
cuma bisa berbagi dikit dek.. semangat belajarnya..

Unknown mengatakan...

Mas bisa tanya tentanf endapan skarn ?
1. Untuk model edapan skarn.
2. keterdapan dan metode penambangan endpan skarn
3. pemanfaatan ny sendiri untuk apa.

Azim Suwardi mengatakan...

Mas Kahfi Ahmad,
1. apakah yang dimaksud model2 (beserta gambar) endapan2 skarn. kalo iya bisa berkunjung ke http://www.geus.dk/geus-general/announcements/Meinert_Skarn_deposits_Characteristics_and_Exploration_Criteria.pdf

2. Untuk keterdapatan, sepengalaman saya, endapan skarn ini banyak sekali ditemukan bersamaan atau tidak jauh dari endapan porphyry,cuma yang perlu dipertimbangkan adalah seberapa besar depositnya, yang ujung-ujungnya apakah akan ekonomis untuk ditambang atau tidak. Salah satu contoh yang paling terkenal di Indonesia misalnya endapan skarn Big Gossan di Papua.
Bicara metode penambangan, mungkin lebih tepat ditanyakan ke ahli pertambangan, tetapi menurut saya ini juga kembali lagi ke berbagai pertimbangan, misalnya seberapa dalam endapannya, berada di lingkungan seperti apa, misalnya di lingkungan yang dilarang untuk open pit (tambang terbuka) atau tidak dsb. dan lagi2 jenis penambangan ini akan kembali ke pertanyaan, apakah ekonomis dan aman jika ditambang dengan tipe tertentu?
3. Pemanfaatan endapan skarn, ya tergantung mineral apa yang terdapat di endapan skarn itu sendiri, misalnya tembaga, emas, molibdenum, dll